DETIK-IWOINDONESIANEWS.COM

Jujur , Terpercaya, Aktual , Dan Berani Bicara Fakta

terkini

Mahasiswa USU Giat “Aksi Peduli Anak Disabilitas” Didukung LPA Deli Serdang

IWOINDONESIANEWS.COM
Jumat, 24 Mei 2024, Mei 24, 2024 WIB Last Updated 2024-05-25T04:16:09Z

  




Deli Serdang_Iwo-Indonesianews.com

Tiga mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang sedang menjalankan tugas akademik Praktik Lapangan Kerja (PKL) di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) melaksanakan “Aksi Peduli Anak Disabilitas” di pesisir Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di Desa Kubah Sentang dan Durian, Jumat (24/5/2024).

     

Ketiga mahasiswa itu yakni Dicky Kurniawan, Muhammad Raghib dan Syndi Febriani, mahasiswa semester 6 Fakultas Ilmu Sosial Politik, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, berbagi manfaat dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk 5 anak disabilitas.

    

Dicky Kurniawan kepada awak media menjelaskan, aksi peduli anak disabilitas dengan membagikan PMT merupakan bagian empati mereka sebagai salah satu tindakan dalam pemenuhan asupan gizi yang diharapkan bisa dirasakan manfaatnya.

   

 “Ini hanya sebagai bentuk kepedulian dari kami agar anak-anak disabilitas mendapatkan asupan gizi yang mereka butuhkan,” jelas Dicky.

Ditambahkan Sindy Febryani, kebutuhan terhadap asupan gizi terhadap anak-anak disabilitas juga sebagai bentuk tangkal ancaman stunting meski pun idealnya sejak bayi dalam kandungan ibu hamil harus mendapatkan asupan gizi seimbang.

     

“Kami hanya bisa melakukan tindakan-tindakan sederhana seperti ini, “ ungkap Sindy.

    

Hal senada disampaikan Muhammad Raghib, permasalahan anak-anak disabilitas tidak bisa ditangani secara individu. Harus ada kebersamaan dan keseriusan orang tua dalam memperlakukan anak-anak disabilitas khususnya dalam pemenuhan asupan gizi untuk tumbuh kembangnya.

     

Selain orang tua, peran masyarakat sekitar dan lembaga yang bertanggung jawab serta pemerintah diharapkan bisa memberikan perlakuan layak kepada mereka terlebih terhadap keluarga yang sering dihadapkan dengan pengetahuan juga kesulitan ekonomi.

   

  Sementara itu Sekretaris LPA Deli Serdang Amirul Khair bersama Kepala Dusun II Desa Durian Abdul Gani yang turut mendampingi aksi tersebut mengapresiasi apa yang dilakukan 3 mahasiswa USU dengan berbagi PMT sebagai bagian dari kesadaran berpartisipasi melindungi anak.

    

 “Aksi-aksi perlindungan seperti yang dilakukan adik-adik mahasiswa ini merupakan aksi nyata melindungi anak. Ini harus menjadi semacam gerakan inspiratif bahwa kita semua punya kewajiban sama untuk melindungi anak-anak termasuk anak-anak istimewa, “ ucapnya.

     

Amirul Khair juga mengatakan, LPA Deli Serdang sangat mengapresiasi partisipasi Pemerintahan Desa Kubah Sentang melalui Ketua PKK Jamilah dalam aksi tersebut yang turut menyumbang serta mendampingi kegiatan mahasiswa USU tersebut.( HR-RI-07)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa USU Giat “Aksi Peduli Anak Disabilitas” Didukung LPA Deli Serdang