DETIK-IWOINDONESIANEWS.COM

Jujur , Terpercaya, Aktual , Dan Berani Bicara Fakta

terkini

Hindari Pengaruh Narkoba, Warga Pasie Lubuk Aktifkan Berbagai Kegiatan

IWOINDONESIANEWS.COM
Kamis, 18 April 2024, April 18, 2024 WIB Last Updated 2024-04-18T15:17:57Z



Banda Aceh_Iwo-indonesianews.com

Sekdes gampong Pasie Lubuk, Ingin Jaya, Aceh Besar, Irfan Saputra, dihadapan Pj Bupati Aceh Besar, Kapolresta Banda Aceh, unsur Forkopimda Aceh Besar dan berbagai unsur lainnya serta warga setempat mengatakan, untuk menghindari pengaruh narkoba, warganya aktifkan berbagai kegiatan. 


Hal ini dikatakan pada saat pelaksanaan Launching Kampung Bebas Narkoba (KBN) ke – 19 di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, dilapangan Futsal Kamis (18/4/2024).


Irfan Saputra mengatakan hal ini dilakukan guna warga gampong Pasie Lubuk  setempat tidak terkontaminasi dengan narkotika. 


“Kami selalu aktif melakukan berbagai kegiatan positif seperti olahraga futsal setiap malam, dalael khairat setiap rabu, bahkan para pemuda melakukan latihan rapai geleng. Ini semuanya untuk terhindar dari pengaruh bahaya narkoba” ungkapnya. 


Jadikan kami sebagai mitra kepolisian dalam memberantas narkotika, pintanya. 


Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli mengapresiasi kegiatan para remaja, pemuda gampong Pasie Lubuk dengan berbagai kgiatan positif. 


Ini luar biasa kegiatan berkontribusi positif yang dilakukan oleh warga Pasie Lubuk, kita melihat bagaimana tekunnya mereka dalam menampilkan kreasinya, dimana dengan susah payah mereka latihan, dan ini dapat dicontohkan oleh gampong lainnya di Kecamatan Ingin Jaya ini, katanya. 


Saya sangat tertarik dengan penampilan tari kreasi Aceh berupa rapai geleng, dan ini menjadi sebuah apresiasi pj Bupati Aceh Besar untuk kedepan akan ditampilkan pada HUT Kabupaten Aceh Besar, sambungnya. 


Kegiatan – kegiatan positif seperti ini yang mana anak – anak kita yang tampil, jika melihat hanya sbentar saja, akan tetapi dalam penampilan tadi membutuhkan keterampilan yang sangat lama, tentunya kegiatan ini berkontribusi positif dan tidak akan terpikir dengan hal hal lainnya seperti penyalahgunaan narkotika sertta kriminalitas lainnya, demikian KBP Fahmi. 


Selain itu, kegiatan – kegiatan di gampong Pasie Lubuk seperti ketika adanya warga lain memasuki gampong tanpa dikenal, maka akan dilakukan pemeriksaan oleh masyarakat lainnya, dengan berbagai pertanyaan dan jika tidak mengetahui dimana tujuan yang dituju, maka warga akan mengantarnya ke lokasi tujuan, sambungnya. 


Nah itu adalah salah satu konsep “Pageu Gampong” yang sudah dilaksanakan di gampong Pasie Lubuk. Ini sangat penting dipertahankan, ucap KBP Fahmi. 


Di usia remaja, membutuhkan ruang ekspresi bagi mereka, tentunya sebagai orang tua gampong perlu memberikan sarana dan wadah untuk melakukan kegiatan – kegiatan seperti latihan rapai, olahraga dan kegiatan agama. Sehingga mereka akan terjaga dari kenakalan remaja yang salah satunya mungkin menimbulkan penyalahgunaan narkoba, tutur mantan Kabid Propam Polda Aceh ini. 


Dengan kegiatan launching Kampung Bebas Narkoba (KBN) ini, inilah salah satu cara kami bermitra dengan gampong, mungkin di gampong lainnya ada warga yang sudah terlibat penyalahgunaan narkoba, akan tetapi dari masyarakatnya sendiri tidak memiliki wadah untuk memberikan nasehat, teguran, sehingga dianggap terbiarkan. 


“Oleh karena itulah kami dari Polresta Banda Aceh melakukan launching Kampung Bebas Narkoba dan diharapkan masyarakat terlibat langsung atau terlibat aktif dalam mencegah penyalahgunaan maupun peredaran narkoba di gampong Pasie Lubuk ini,” tutur KBP Fahmi lagi. 


Pria melati tiga ini mengatakan, launching Kampung Bebas Narkoba ini tetunya akan dibentuk satuan – satuan tugas, diantaranya satgas preemtif, satgas prepentif dan satgas Refresif. Mereka nantinya akan dilakukan bimbingan oleh personel Satresnakoba Polresta Banda Aceh, BNNK maupun yayasan yang telah ditunjuk berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba. 


Sementara itu, Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto mengapresiasi kegiatan para pemuda yang telah menampilkan kreasi rapai geleng. 


Kami sangat mendukung kegiatan rapai geleng yang dilakukan oleh para pemuda gampong Pasie Lubuk ini. Kedepan akan kami undang untuk tampil di hari Ulang tahun Kabupaten Aceh Besar, katanya. 


Dengan penampilan rapai geleng tadi, kami akan memberikan hadiah kepada group ini untuk menambah “stamina” dan nantinya akan kami serahkan secara langsung bersama Kaban Kesbangpol, ungkapnya. 


Oleh karena itu, hindari penyalahgunaan narkotika agar kita semua sehat, pungkasnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan penabuhan rapai, penandatanganan MoU tidak terlibat narkoba dan peresmian sekretariat satuan tugas.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hindari Pengaruh Narkoba, Warga Pasie Lubuk Aktifkan Berbagai Kegiatan